BERITA SEBAGAI REPRESENTASI IDEOLOGI MEDIA (Sebuah Telaah Kritis)

Acan Mahdi

Abstract


Tulisan ini hanya telaah singkat mengenai praktik pewacanaan dalam media massa. Berita dan artikel media massa merupakan bagian kecil dari praktik pewacanaan. Bagaimana berita atau sebuah artikel disuguhkan kepada publik, sangat ditentukan oleh ideologi yang dianut oleh media tersebut. Singkatnya, dalam praktik pewacaanan yang terpenting bukan “apa” yang diangkat, namun lebih pada bagaimana berita ditulis oleh media masa. Karena bagimana sebuah fakta sosial digambarkan oleh media masa merupakan representasi dari ideologi yang bersemayam di belakangnya. Dalam konteks, peranan bahasa sangat menentukan dalam pertarungan wacana.

Full Text:

PDF

References


Arthur Asa Berger, 1991. Media Analysis Techniques, resived edition, Beverly Hills : Sage Publication;

Bachtiar Effendy, 2000. ”Media Massa dan Politik” dalam Sudrajat A.S (ed), Repolitisasi Islam: Pernahkah Islam Berhenti Berpolitik?, Bandung: Mizan;

Burhan Bungin, 2008. Konstruksi Sosial Media Massa, Jakarta: Kencana;

Chris Barker, 2000. Cultural Studies: Theory dan Praktik, Nurhadi (penerjemah), Yogyakarta: Kreasi Wacana;

Dedy N. Hidayat, 2000. Revolusi Mei: Runtuhnya Sebuah Hegemoni, Jakarta: Gramedia;

Em Griffin, 2003. Communication Theory, A First Look At (Fifth Edition), New York: The McGRAW – HILL COMPANIES, INC;

Eriyanto, 2005. Analisis Framing, Jogjakarta: PT. LkiS Pelangi Aksara;

Idi Subandy Ibrahim & Dedy Djamaludin Malik, 1997. Hegemoni Budaya, Yogyakarta: Bentang;

John Fiske, 1990. Introduction to Communication Studies, second edition, London and New York: Routledge;

James Curran & M. Guravitch, 1996. Media and Society, London: Edward Arnold;

Louis Althusser, 1984. Essay on Ideology, London: Verso;

Listiyono Santoso, Sunarto & Dkk, 2003. Epistemologi Kiri, Jogjakara: Ar-Russ Media;

Norman K. Denzin & Yvonna S. Lincoln, 2009. Handbook of Qualitative

Research, Edisi Bahasa Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar;

Nezar Patria & Andi Arief, 2003. Antonio Gramsi; Negara & Hegemoni, Jakarta: Pustaka Pelajar;

Roger Simon, 1999. Gagasan-Gagasan Politik Gramsci, Yogyakarta: Pustaka Pelajar & Insist;

Syaiful Arif, 2001. Pemikiran-Pemikiran Revolusioner, Malang: Averroes Press & Pustaka Pelajar;

Yasraf Amir Piliang, 2004. Posrealitas: Realitas Kebudayaan Dalam Era Posmetafisika, Yogyakarta: Jalasutra;




DOI: https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v9i2.324

DOI (PDF): https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v9i2.324.g274

Article Metrics

Abstract view : 1497 times
PDF - 6810 times

Article Metrics

Abstract view : 1497 times
PDF - 6810 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Al-Hikmah

License URL: http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah

Creative Commons License
Al-Hikmah by http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.