Pembelajaran Bahasa Inggris di Perguruan Tinggi Islam dalam Konteks Esp (English For Spesific Purpose)

Wardah Wardah

Abstract


Secara singkat, tulisan ini membahas tentang pembelajaran bahasa inggris untuk mahasiswa Pendidikan formal yang memberikan pengajaran bahasa asing salah satunya adalah perguruan tinggi islam. Pada perguruan tinggi islam, bahasa asing menjadi salah satu mata kuliah yang harus diambil oleh mahasiswa. Bahasa asing tersebut adalah bahasa inggris. Bidang pengajaran bahasa Inggris dengan tujuan tertentu atau lebih dikenal dengan English for Specific Purpose (ESP) merupakan bidang pengajaran bahasa Inggris yang tergolong baru dengan menyesuaikan jurusan keilmuan di perguruan tinggi. Dengan pengajaran bahasa inggris di perguruan tinggi islam, diharapkan mahasiswa mampu mengkaji keilmuan islam dalam bahasa asing khususnya bahasa inggris dan mampu mengikuti perkembangan globalisasi dunia yang menuntut seseorang dapat menguasai bahasa asing.


Full Text:

PDF

References


Abbas, Saleh, Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar Jakarta: Depdiknas, 2006

Alisjahbana, Sutan Takdir. (1990). The teaching of English in Indonesia. Dalam James Britton, Roberts E.Syeffer and Ken Watson (Eds.). Teaching and Learning English Worldwide. hal: 315- 327. Multilingual Matters: Philadelphia.

Alwasilah, A. Chaedar. (2005). “Ada Apa dengan Ilmu Bahasa?”. Pikiran Rakyat (12 Maret 2005).

Arsyad, Azhar. (2008). Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

David Crystal, English as a global language. (Cambridge: Cambridge University Press, 1997).

Depdiknas, (2003) Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas

Gagne, Robert. (1979). Principle of Instructional Design, Hoit: Rinehart and Winton, 1979.

Hutchinson T. & A. Waters (1987) English for Specific Purposes: A learningCentred Approach, Cambridge: Cambridge university Press.

Nunan, David. (2003). Practical English Language Teaching. New York: McGraw-Hill. 2003.

Richards, Jack C & Theodore S. Rodgers, Approaches and Methods in Language Teaching, UK: Cambridge University Press, 2000

Spradley, James P. (1997). Metode Etnografi, Yogyakarta: Tiara Wacana.

Tomlinson, B. (1998). Materials Development in Language teaching, Cambridge: Cambridge University Press.

Zuliati Rohmah, “English as global Language”, Journal Bahasa dan Seni, (Universitas Negeri Malang, 2015).




DOI: https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v10i2.618

DOI (PDF): https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v10i2.618.g382

Article Metrics

Abstract view : 2422 times
PDF - 10720 times

Article Metrics

Abstract view : 2422 times
PDF - 10720 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Al-Hikmah

License URL: http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah

Creative Commons License
Al-Hikmah by http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.