KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING

Hesty Nurrahmi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil Uji Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling (BK) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang rata-rata di bawah standar (Data LPMP 2012), dan hasil observasi awal peneliti menunjukkan bahwa mereka belum profesional dalam menyelenggarakan program BK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru BK. Alat pengumpul data: observasi, wawancara, inventory dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan: (1) sebagian besar guru BK memiliki kompetensi profesional; (2) sebagian besar guru BK telah melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kompetensi profesional, namun masih belum ada yang melanjutkan pendidikan (S2 BK) dan belum ada yang melakukan penelitian dalam BK;(3) sebagian besar guru BK telah menyelenggarakan kegiatanBK mulai darimerancang, melaksanakan, mengevaluasi dan sebagian kecil menguasai penggunaan alat tes/instrumen dalam BK.Rekomendasi penelitian ini disampaikan kepada guru BK, kepala sekolah, pengurus MGBK-SMK, peneliti selanjutnya, dan pemerintah.

Full Text:

PDF

References


Asrori, M. (1990). Unjuk kerja petugas bimbingan dalam melaksanakan konseling dikaji dari latar belakang pendidikan dan iklim organisasi sekolahnya. Tesis pada PPS IKIP Bandung:tidak diterbitkan

Depdiknas. (2008).Penataan pendidikan profesional konselor dan layanan bimbingan dan konseling dalam jalur pendidikan formal

Febriyadi, H. (2010). Program pengembangan kompetensi kepribadian guru bimbingan dan konseling SMA/SMK di Rangkas Bitung. Tesis Master pada SPS UPI Bandung: tidak diterbitkan

Hajati, K. (2010) Model Program peningkatan kompetensi konselor sekolah menengah atas berbasis standar kompetensi konselor indonesia. Disertasi Doktor pada SPS Upi Bandung: tidak diterbitkan

Heriyanti (2013).Program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi profesional konselor SMA di Kota Pontianak. Tesis pada SPS UPI Bandung: tidak diterbitkan

Hidayati, S. (2012). Pelaksanaan bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Pontianak, Penelitian Individu: tidak diterbitkan

Ilfiandra, Agustin M, dan Ipah S (2006). Peningkatan mutu tata kelola layanan bimbingan dan konseling pada sekolah menengah atas Provinsi Jawa Barat. Bandung : UPI

Nadia (2008). Kompetensi guru pembimbing dalam pengelolaan program bimbingan dan konseling. Tesis Master pada SPS UPI Bandung: Tidak diterbitkan

Permendiknas Nomor 27 Tahun 2009 tentang Standar kualifikasi akademik dan kompetensi konselor

PERMEN PAN dan PKB No 16 tahun 2009 tentang Jabatan fungsional guru dan angka kreditnya

Sugiyono.(2010).Metode penelitian pendidikan.Bandung: Alfabeta.

Suherman, U.(2011). Manajemen bimbingan dan konseling.Bandung: Rizqi Press

Surya, M. (2009).Psikologi konseling. Bandung: Maestro

Sudjana (1996).Metoda statistika. Bandung: Tarsito

Trisnowati, E (2009). Program pelatihan keterampilan konseling bagi konselor di Sekolah. Tesis Master pada SPS UPI Bandung : tidak diterbitkan




DOI: https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v9i1.87

DOI (PDF): https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v9i1.87.g81

Article Metrics

Abstract view : 4918 times
PDF - 13440 times

Article Metrics

Abstract view : 4918 times
PDF - 13440 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Al-Hikmah

License URL: http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah

Creative Commons License
Al-Hikmah by http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.