KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN SEKOLAH EFEKTIF DI MTS MUHAMMAD BASIUNI IMRAN SAMBAS

(1) ,

DOI : https://doi.org/10.24260/jrtie.v1i1.1066
Full Text:

Submitted : 2018-09-20
Published : 2018-08-30
Abstract
Abstrak: Madrasah merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang menjadi wadah untuk mendidik generasi penerus bangsa dan elemen terpentingnya ialah pemimpin. Sebagai seorang pemimpin, kepala madrasah memegang peranan penting dalam menentukan arah kebijakan. Untuk menjadikan madrasah yang dipimpinnya menjadi madrasah yang memiliki daya saing di era melinial, madrasah tersebut harus mengembangkan sekolah efektif. Dengan menggunakan metode deskriptif dan dilengkapi dengan pendekatan kualitatif, tulisan ini menggambarkan sekolah efektif yang telah diterapkan oleh Kepala MTs Muhammad Basiuni Imran Sambas sebagaimana yang tertuang dalam Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Pertama, perencanaan program, meliputi; proses awal perencanaan, strategi merancang perencanaan program, standar atau indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan, pengaruh perencanaan terhadap jalannya manajerial kepala sekolah. Kedua, pelaksanaan program, meliputi; membagi tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan dan tangung jawab, membangun komunikasi dengan seluruh warga sekolah dengan baik, pemberian motivasi kepada rekan-rekan kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan, menjalankan manajerial berdasarkan pedoman pengelolaan sekolah, mengelola SDM, mengelola hubungan dengan orang tua dan masyarakat, mengatasi kendala-kendala dalam manajerial. Ketiga, evaluasi program, meliputi; metode yang digunakan dalam melakukan evaluasi, program tindak lanjut, hal-hal yang dibicarakan dalam evaluasi, dan pengaruh yang dirasakan setelah evaluasi.
Keywords
References
Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2001.
Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar, Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2004.
Arsyad, Azhar, Pokok-pokok Manajemen Pengetahuan Praktis bagi Pimpinan dan Eksekutif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
Danim, Sudarwan dan Yunan Danim, Administrasi Sekolah dan Manajemen Kelas, Bandung: Pustaka Setia, 2010.
Hikmat, Manajemen Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2009.
Jamali, Arif dan Lantip Diat Prasojo, “Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Lingkungan, Motivasi Guru, terhadap Prestasi Siswa SMA Muhammadiyah Kota Yogyakarta,” dalam Jurnal Akutabilitas Manajemen Pendidikan, Volume 1, Nomor 1, 2013. (http://dx.doi.org/10.21831/amp.v1i1.2309)
Komariah, Aan dan Cepi Triatna, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
Makawimbang, Jerry H., Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2011.
Margono, S., Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Mulyasa, H. E., Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Mulyasana, Dedy, Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Rohiat, Manajemen Sekolah-Teori Dasar dan Praktik, Bandung: Refika Aditama, 2010.
Saebani, Beni Ahmad, Metode Penelitian, Bandung: Pustaka Setia, 2008.
Simanjuntak, Payaman J., Manajemen dan Evaluasi Kinerja, Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi, 2005.
Subana, M. dan Sudrajat, Dasar-dasar Penelitian Ilmiah, Bandung: Pustaka Setia, 2009.
Sugiyanto, dkk., “Pengembangan Model Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika di SMP Berdasarkan Kurikulum 2013,” dalam Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Volume 19, No. 1, Juni 2015. (http://dx.doi.org/10.21831/pep.v19i1.4558)
Supardi dan Darwyan Syah, Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Diadit Media, 2010.
Tayibnapis, Farida Yusuf, Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Wijayanto, Dian, Pengantar Manajemen, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2012.
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.