MANAJEMEN PENINGKATAN KUALITAS DOSEN (Studi Kasus pada Fakultas Tarbiyah UIN Malang)

(1) ,

DOI : https://doi.org/10.24260/jrtie.v1i1.1069
Full Text:

Submitted : 2018-09-20
Published : 2018-08-30
Abstract
Abstrak: Tulisan ini bertujuan untuk mengungkap manajemen peningkatan kualitas dosen Fakultas Tarbiyah UIN Malang tentang mengapa dan bagaimana PTIN melakukan manajemen peningkatan kualitas dosen terkait dengan Tri Dharma PTIN. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif denagn pendekatan studi kasus bersifat inquiry naturalistik. Ada tiga faktor dominan yang memengaruhi kualitas dosen Fakultas Tarbiyah UIN Malang memilih manajemen peningkatan kualitas dosen, yaitu faktor internal, faktor eksternal, dan faktor keunggulan pemimpin yang selanjutnya memiliki karakteristik ilahiyah, alamiah, insaniyah, ilmiah, serta global. Alasan mendasar Fakultas Tarbiyah UIN Malang memilih manajemen peningkatan kualitas dosen ialah ingin mewujudkan cita-cita besar yaitu menjadikan UIN Malang sebagai pusat peradaban Islam dengan kekuatan kekokohan aqidah, kedalaman spritual, keagungan ahlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional
Keywords
References
Bartol, Kathryn M. & David C. Martin, Management, USA: McGraw-Hill Inc, 1994.
Chaterine, Marshall Gretchen dan B. Rossman, Designing Qualitative Research, London United: Kingdom, 1995.
Depertemen Pendididkan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta. Pustaka Sinar Harapan, 1991.
Edward, Sallis, Total Quality managemen in Education, Jogjakarta: IRCiSoD, 2006.
Koswara, Rochmat, “Manajemen Pelatihan Life Skill Dalam Upaya Pemberdayaan Santri Di Pondok Pesantren (Studi Deskriptif Kualitatif di Pondok Pesantren Misbahul Falah Desa Mandalasari Kecamatan Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat),” dalam Jurnal Empowerment, Volume 4, Nomor 1, Februari 2014. (https://doi.org/10.22460/empowerment.v3i1p37-50.571)
Kurniawati, Ijah, “Manajemen Pesantren untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab di Pondok Pesantren Diniyyah Pasia Kabupaten Agam,” dalam Jurnal al-Fikrah, Vol. IV, No. 2, Juli-Desember 2016.
Marbun, B.N., Konsep Manajemen Indonesia, Jakarta: PPM, 1980.
Pariata Westra, dkk., Ensiklopedi Administrasi, Jakarta: Gunung Agung, 1981.
Piper, D.W., Quality Management in Universities, Canberra: Australia Government Publishing Service, 1993.
Rue, Giorge R. Terry Leslie W., Principles of Management, Jakarta: Bumi Aksara, 1992.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 1996.
Suprayogo, Imam, Quo Vadis Pendidikan Islam, Malang: UIN-Malang Press, 2006.
Terry, George R., Prinsip-Prinsip Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara, 1990.
Usman, Husaini., Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Yogyakarta: Bumi Aksara, 2006.
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.