INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 4 SUNGAI RAYA

Purwaningsih- Rianawati- Kartini(1Mail),
(1) , 

Mail Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24260/jrtie.v1i1.1071

Full Text:    Language : 
Submitted : 2018-09-20
Published : 2018-08-30

Abstract


This research conducted because of the gap between what is done by Islamic religious education teachers in the process of internalizing the character values carried out by the teacher towards studentsespecially in the preparation of lesson plan This study used descriptive method with a qualitative approach. The technique of checking the validity of the data using triangulation and member check. Based on the results of the data obtained by the researchers, the following conclusions are produced: 1) internalization of the preliminary activities with the character values of discipline, religious, social care and discipline, curiosity, independence, communicative, 2) internalization of the core learning activities emphasize the process the formation of students' learning experiences in certain subject matter/material; and 3) internalization of the final activity by means of the teacher concludes the lesson that has been delivered (the character value is creative, cooperative and communicative) then the teacher evaluates at the end of the learning (the character value is independent, creative and responsible) provides the final motivation for students (character value is curiosity and respect for achievement) then reads the prayer and ends with greeting (the value of the character is religious).

Penelitian ini terjadi karena adanya kesenjangan antara apa yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam proses internalisasi nilai-nilai karakter yang dilakukan guru terhadap siswa. terutama dalam penyusunana RPP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tehnik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi dan member check.Berdasarkan hasil data yang diperoleh peneliti, menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: 1) internalisasi pada kegiatan pendahuluan dengan nilai karakter disiplin, religius, peduli sosial dan disiplin, rasa ingin tahu, mandiri, komunikatif;2) internalisasi pada Kegiatan inti pembelajaran ini lebih menekankan pada proses pembentukan pengelaman belajar (learning experience) siswa dalam materi/bahan pelajaran tertentu; dan 3) internalisasi pada kegiatan akhir dengan cara guru menyimpulkan pelajaran yang telah disampaikan (nilai karakter adalah kreatif,kerja sama dan komunikatif) kemudian guru melakukan evaluasi di akhir pembelajaran (nilai karakter adalah mandiri,kreatif dan tanggung jawab) memberikan motivasi akhir kepeserta didik (nilai karakter adalah rasa ingin tahu dan menghargai prestasi) lalu membaca doa dan di akhiri dengan mengucap salam (nilai karakter adalah religius).

Keywords


Internalization of Character Values, Islamic Religious Education, SMPN 4

References


Marimba, Ahmad, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al-Ma’rif, 1962.

Husen, Ahmad, dkk., Model Pendidikan Karakter Bangsa, Jakarta: PT Rosdakarya, 2010.

Q-Anees, Bambang dan Dadang Hambali, Pendidikan Karakter berbasis Al-Qur’an, Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2009.

Sulistyowati, Endah, Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter, Yokyakarta: PT Citra Aji Praman, 2012.

Setyoningtyas, Emilia, Kamus lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Apollo Lestari.

Mulyasa, E., Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008.

Rianawati, Integrasi Nilai-nilai Karakter Dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah, Pontianak: IAIN Press, 2007.

Roetiyah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2008.

Fatah, Syukur, “Reorientasi Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Deradikalisasi Agama,” dalam Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Vol. 23, No. 1, 2015.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: CV. Alfabeta, 2014.

Sauri, Sofyan dan Herlan Firmansyah, Pendidikan Nilai, Bandung: Arfino Raya, 2010.

Ruhimat, Toto, Prosedur Pembelajaran, Bandung: Diretori UPI, 2012.

Qomarudiin, “Implementasi Nilai-Nili Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” dalam Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Vol. 16, No. 2, 2016.

Wibowo, AM, “Internalisasi Nilai-nilai Karakter Bangsa Melalui Mata Pelajaran PAI pada SMA Eks RSBI di Pekalongan,” dalam Journal of Social Science and Religion, Vol. 21, No. 2, 2014.

Widyaningsih T.S, dkk., “Internalisasi Dan Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa Smp Dalam Perspektif Fenomenologis, “Jdalam urnal Pembangunan Pendidikan Fondasi dan Aplikasi, Vol. 2, No. 2, 2014.

Darajat, Zakiah, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, Cet. II, Jakarta: Ruhama, 2004.


Article Metrics

 Abstract Views : 677 times
 PDF Downloaded : 1938 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.