INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 4 SUNGAI RAYA
(1) ,
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24260/jrtie.v1i1.1071
Full Text: Language :
Submitted : 2018-09-20
Published : 2018-08-30
Abstract
Penelitian ini terjadi karena adanya kesenjangan antara apa yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam proses internalisasi nilai-nilai karakter yang dilakukan guru terhadap siswa. terutama dalam penyusunana RPP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tehnik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi dan member check.Berdasarkan hasil data yang diperoleh peneliti, menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: 1) internalisasi pada kegiatan pendahuluan dengan nilai karakter disiplin, religius, peduli sosial dan disiplin, rasa ingin tahu, mandiri, komunikatif;2) internalisasi pada Kegiatan inti pembelajaran ini lebih menekankan pada proses pembentukan pengelaman belajar (learning experience) siswa dalam materi/bahan pelajaran tertentu; dan 3) internalisasi pada kegiatan akhir dengan cara guru menyimpulkan pelajaran yang telah disampaikan (nilai karakter adalah kreatif,kerja sama dan komunikatif) kemudian guru melakukan evaluasi di akhir pembelajaran (nilai karakter adalah mandiri,kreatif dan tanggung jawab) memberikan motivasi akhir kepeserta didik (nilai karakter adalah rasa ingin tahu dan menghargai prestasi) lalu membaca doa dan di akhiri dengan mengucap salam (nilai karakter adalah religius).
Keywords
References
Marimba, Ahmad, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al-Ma’rif, 1962.
Husen, Ahmad, dkk., Model Pendidikan Karakter Bangsa, Jakarta: PT Rosdakarya, 2010.
Q-Anees, Bambang dan Dadang Hambali, Pendidikan Karakter berbasis Al-Qur’an, Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2009.
Sulistyowati, Endah, Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter, Yokyakarta: PT Citra Aji Praman, 2012.
Setyoningtyas, Emilia, Kamus lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Apollo Lestari.
Mulyasa, E., Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008.
Rianawati, Integrasi Nilai-nilai Karakter Dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah, Pontianak: IAIN Press, 2007.
Roetiyah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2008.
Fatah, Syukur, “Reorientasi Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Deradikalisasi Agama,” dalam Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Vol. 23, No. 1, 2015.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: CV. Alfabeta, 2014.
Sauri, Sofyan dan Herlan Firmansyah, Pendidikan Nilai, Bandung: Arfino Raya, 2010.
Ruhimat, Toto, Prosedur Pembelajaran, Bandung: Diretori UPI, 2012.
Qomarudiin, “Implementasi Nilai-Nili Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” dalam Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Vol. 16, No. 2, 2016.
Wibowo, AM, “Internalisasi Nilai-nilai Karakter Bangsa Melalui Mata Pelajaran PAI pada SMA Eks RSBI di Pekalongan,” dalam Journal of Social Science and Religion, Vol. 21, No. 2, 2014.
Widyaningsih T.S, dkk., “Internalisasi Dan Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa Smp Dalam Perspektif Fenomenologis, “Jdalam urnal Pembangunan Pendidikan Fondasi dan Aplikasi, Vol. 2, No. 2, 2014.
Darajat, Zakiah, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, Cet. II, Jakarta: Ruhama, 2004.
Article Metrics
Abstract Views : 677 timesPDF Downloaded : 1938 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.