Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak pada Kisah Uwais Al Qarni

Ubai Dillah(1Mail),
(1) , Indonesia

Mail Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24260/jrtie.v2i2.1396

Full Text:    Language : en
Submitted : 2019-07-04
Published : 2019-11-04

Abstract


Abstrak: Persoalan pendidikan akhlak hingga saat ini masih harus diutamakan, terlebih jika kita melihat kondisi akhlak umat akhir-akhir ini, saat ini umat Islam mengalami kemerosotan akhlak. Dalam Islam pendidikan akhlak ini akan menjadi petunjuk hubungan manusia dengan manusia maupun hubungan manusia dengan rabbnya, demikian juga sebaliknya pendidik mempunyai peran yang sangat penting dalam pendidikan akhlak anak, baik pendidikan di rumah atau di sekolah.
Menyikapi fenomena tersebut salah satu cara yang tepat dalam pendidikan akhlak adalah melalui kisah. Pada penelitian ini peneliti mengambil judul Nilai-nilai Pendidikan Akhlak pada Kisah Uwais Al Qarni.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keteladanan yang terdapat pada kisah Uwais Al Qarni dan menganalisis Nilai-nilai pendidikan akhlak pada kisah Uwais Al Qarni.
Hasil dari penelitian ini adalah pada kisah Uwais Al Qarni terdapat beberapa keteladanan dan nilai pendidikan akhlak didalamnya. 1. Kisah keteladanan Uwais Al Qarni yaitu Kisah berbakti kepada ibunya, Uwais Al Qarni pergi ke Madinah, Uwais Al Qarni bertemu dengan Umar bin Khattab dan Ali bin Abi Thalib, Uwais Al Qarni wafat. 2. Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kisah Uwais Al Qarni adalah Berbakti kepada orang tua, tawadhu, zuhud, sabar dan cinta Rasul.

Keywords


Nilai-nilai, Pendidikan Akhlak, Keteladanan, Kisah Uwais Al Qarni

References


Abdul Majid. 2007. 16 Langkah Menuju Puncak Kedamaian Jiwa, Jakarta: Gadika Pustaka.

Amin Syukur. 1997. Zuhud di Abad Modern, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Amru Khalid. 2005. Menjadi Mukmin yang Berakhlak, Jakarta: Qisthi Press.

Asy-Syarif Ibrahim bin Abdullah Al-Hazimi. 2007. Mengangkat Kisah Nyata Orang-Orang Saleh, Terjemahan Muhammad Al-Mighwar. Bandung: Pustaka Setia.

Diah Ningrum.2015. Kemrosotan Moral Dikalangan Remaja. UNISIA. XXXVII (80): 19-20.

Dian.K dan Tethy Ezokanzo. 2018. 365 Cerita dan Aktivitas Penuntun Akhlak Islami, Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional. Diakses 15 April 2019 dari : http://kelembagaan.risetdikti.go.id.

Eka Kartini Ghaffar. 2017. Menebar Kebaikan itu Indah, Jakarta: Alex Media Kompatindo.

Lailatus Salamah. 2008. Efektifitas Metode Kisah dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Al Maarif Singosari Malang. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Universitas Agama Islam Negeri Malang.

Mahi M. Hikmat. 2011. Metode Penelitian dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Muhammad Fauqi Hajjaj. 2011. Tasawuf Islam dan Akhlak, Jakarta: Amzah.

Muhammad Vandestra. 2018. Kisah Kehidupan Uwais Al Qarni Sang Penghuni Langit Kekasih Tuhan Semesta Alam. Diakses pada 04 April pukul 15:23 Wib dari: http://books.google.com/books.

Nasiruddin. 2010. Kisah orang-orang sabar, Jakarta: Republika.

Nur Aisyah Amalia. 2018. Segudang hikmah dari generasi terbaik, Sukabumi: CV Jejak.

Rianawati. 2017. Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Pendidikan Akhlak, Pontianak: TOP Indonesia.

Rovidawati. 2017. Nilai Pendidikan Birrul Walidain dalam kisah Uwais Al Qarni. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Rairy Banda Aceh.


Article Metrics

 Abstract Views : 5281 times
 PDF Downloaded : 331 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.