MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN PRINSIP-PRINSIPNYA DALAM PENDIDIKAN
 ),
),         
                                                    (1) IAIN Pontianak, Indonesia
 Corresponding Author
 Corresponding Author
   DOI : https://doi.org/10.24260/jrtie.v2i2.1405
Full Text:
 Language : en
			 Language : en
													    Submitted : 2019-07-12
Published : 2019-11-04
Abstract
Proses pembelajaran senantiasa melibatkan interaksi satu sama lain. Adapun Quantum Learning merupakan  model pembelajaran yang didasarkan pada pengalaman empirik bahwa segala hal membentuk peristiwa pembelajaran tersebut—meliputi pengajar, kondisi psikis “pebelajar”, lingkungan, suasana proses pembelajaran—menjadi penentu dari keberhasilan proses pembelajaran. Apabila merujuk pada hasil aktivitas pembelajaran, maka prestasi “pebelajar” seringkali menjadi ukuran keberhasilan. Quantum Learning merupakan model pembelajaran revolusioner, yang prinsip utamanya menekankan bahwa minat belajar merupakan dasar dari proses pembelajaran itu sendiri. Hal tersebut berarti juga bahwa meminimalisasi tingkat stress “pebelajar” adalah penting. Quantum Learning yang terdapat dalam setiap pembelajaran yang dapat diterapkan, sebagaimana 1)menciptakan suasana yang menggairahkan, 2)perencanaan yang dinamis, 3)pemberdayaan landasan belajar yang kukuh, 4)penataan lingkungan belajar, dan 5)pemberdayaan keterampilan belajar.
		 Article Metrics
Article Metrics
       Abstract Views : 1377 times
 Abstract Views : 1377 times
       PDF Downloaded : 13260 times
 PDF Downloaded : 13260 times
                    
      
Refbacks
- There are currently no refbacks.
 
						










