The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk melakukan analisis instrumen evaluasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran jarak jauh. Subjek penelitian ini adalah item soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022 dan hasil belajar siswa. Analisis dilakukan dengan menggunakan program ANATES. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 20 item soal, hanya satu yang memiliki kualitas daya pembeda sangat buruk dan harus ditolak yaitu item soal nomor 17 dengan indeks daya pembeda 0.00, berdasarkan kriteria < 0.  Adapun item yang harus diperbaiki adalah item soal no 7 dan 18 karena berada pada indeks daya pembeda 0 < D < 0.25, tepatnya 20.00 dan 16.67. Dari 180 pengecoh yang digunakan, sebanyak 48 opsi pengecoh harus diperbaiki karena berada pada kategori kurang baik berjumlah 17, buruk berjumlah 21 dan sangat buruk berjumlah 10. Sisa pengecoh sebanyak 132 opsi berkategori baik dan sangat baik.Diharapkan ada perbaikan terhadap instrumen evaluasi yang digunakan. Evaluasi mempertimbangkan tingkat kerumitan, daya pembeda, validitas, dan reliabilitas instrumen. Hasil belajar siswa cukup baik. Namun, beberapa siswa memperoleh hasil yang kurang memuaskan. Direkomendasikan kepada guru untuk memberikan penanganan pada faktor penyebab internal dan eksternal. Pendelegasian peran pendampingan kepada orang tua pada pembelajaran jarak jauh dapat menjadi solusi. Kombinasi pembelajaran jarak jauh dengan pembelajaran tatap muka menjadi treatment option.