ANALISA KONTEN NILAI-NILAI MODERASI ISLAM DALAM BUKU AJAR AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN RADIKALISASI
![Mail](https://jurnaliainpontianak.or.id/lib/pkp/templates/images/icons/mail.gif)
(1) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Indonesia
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Indonesia
(3) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Indonesia
(4) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Indonesia
![Mail](https://jurnaliainpontianak.or.id/lib/pkp/templates/images/icons/mail.gif)
DOI : https://doi.org/10.24260/jrtie.v6i2.2896
Full Text:
![](/public_upgrade/pdf2.png)
Submitted : 2023-12-24
Published : 2023-12-28
Abstract
References
Abdullah Munir, dkk. Literasi Moderasi Beragama di Indonesia. Bengkulu: CV. Zigie Utama, 2020.
Abror, Mhd. “Moderasi Beragama Dalam Bingkai Toleransi : Kajian Islam dan Keberagaman.” RUSYDIAH: Jurnal Pemikiran Islam Vol. 1, No. 2 (2020): 143–55.
Ali, Nuraliah. “Measuring Religious Moderation Among Muslim Students at Public Colleges in Kalimantan Facing Disruption Era.” Inferensi: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan Vol. 14, No. 1 (2020): 1–24. https://doi.org/10.18326/infsl3.v14i1.1-24.
Ananda, Amelia, dan Rini Rahman. “Muatan Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas I.” As-Sabiqun (Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini) Vol. 4, No. 4 (2022): 800–814. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i4.2061.
Aziz, Aceng Abdul. Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Kelompok Kerja Implementasi Moderasi Beragama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, 2019.
Chadidjah, Sitti dkk. “Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI (Tinjauan Analisis pada Pendidikan Dasar,Menengah dan Tinggi).” Al-Hasanah : Islamic Religious Education Journal 6, no. 1 (2021): 115.
Darlis. “Mengusung Moderasi Islam di Tengah Masyarakat Multikultural.” Jurnal Raustan Fikr Vol. 13, No. 2 (2017): 225–54.
Eros Rosita, dkk. “Analisis Penyusunan Buku Teks untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab.” Jurnal Pendidikan Vol. 1, No. 1 (2019): 1–8.
Fahri, Mohamad, dan Ahmad Zainuri. “Moderasi beragama di Indonesia.” Intizar Vol. 25, No. 2 (2019): 95–100.
Farida, Yushinta Eka. “Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia sebagai Penunjang Perkuliahan FTIK UNISNU Jepara.” Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik Vol. 3, No. 1 (2017): 28–35.
Faridah, Nurul. “Analisis Isi Buku Teks Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII SMP/MTs Terbitan KEMENDIKBUD Edisi Revisi 2016.” IAIN Salatiga, 2018.
Hasim, Moh. “Potensi Radikalisme di Sekolah Studi Terhadap Buku Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar.” Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan Vol. 13, No. 2 (2015): 255–68. https://doi.org/10.32729/edukasi.v13i2.242.
Ilmiawan, Arif. “Pengembangan Buku Ajar Sejarah Berbasis Situs Sejarah Bima (Studi Kasus pada Siswa Kelas X MAN 2 Kota Bima).” Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol. 2, No. 3 (2018): 102–6.
Jannah, S M. “Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Buku Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMK Kelas XI Kurikulum 2013.” Skripsi: IAIN Ponorogo, 2021.
Kementerian Agama RI. Moderasi beragama. Kementerian Agama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2019.
Lukman. “Tafsir Ayat Rahmatan Lil ‘Alamin Menurut Penafsir Ahlu Sunnah, Muktazilah, Syiah, dan Wahabi.” Jurnal Millah Vol. XV, No. 2 (2016): 227–48.
Muafiah, Evi. “The Doctrin to Educate Children without Violence in Islam.” Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education Vol. 1, No. 1 (2016): 35–42. https://doi.org/10.51529/ijiece.v1i1.3.
Muhtarom, Mumuh. “Urgensi Penguatan Pemikiran Moderasi Islam dalam Pendidikan Agama di Madrasah.” Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan Vol. 12, No. 32 (2018): 39–47. https://doi.org/10.38075/tp.v12i32.53.
Munip, Abdul. “Menangkal Radikalisme di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Islam Vol. I, No. 2 (2012): 159–182. https://doi.org/10.14421/jpi.2012.12.159-181.
Nikmah, Khoerul. “Bias Gender dalam Buku Teks Pendidikan Agama Islam.” Skripsi: IAIN Purwokerto, 2019.
Nurdin, Fauziah. “Moderasi Beragama menurut Al-Qur’an dan Hadist.” Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah Vol. 18, No. 1 (30 Januari 2021): 59. https://doi.org/10.22373/jim.v18i1.10525.
Nurhakiky, Sri Mulya, dan Muhammad Naelul Mubarok. “Pendidikan Agama Islam Penangkal Radikalisme.” Jurnal Pendidikan Islam Vol. 2, No. 1 (2019): 101–116.
Nurochim, dan Siti Ngaisah. “Analisis Isi Sikap Sosial dalam Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.” Al Hikmah: Journal of Education Vol. 2, No. 1 (2021): 37–52.
Rachmawati, Fauziah, Tjandra Kirana, dan Wahono Widodo. “Buku Ajar Interactive Book untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA Vol. 2, No. 1 (9 Juli 2018): 19-29. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n1.
Saefulloh, Ahmad, Muhammad Al Farizi, dan Surawan. “Implementation of Religious Moderation Values Through PAI Learning at SMAN 1 Katingan Kuala.” International Journal of Arts and Social Science Vol. 4, No. 6 (2021): 11–18.
Siti Aisyah, dkk. “Bahan Ajar sebagai Bagian dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Salaka Vol. 2, No. 1 (2020): 9–25.
Sunderland, Jane, Maire Cowley, Fauziah Abdul Rahim, Christina Leontzakou, dan Julie Shattuck. “From Bias ‘In the Text’ to ‘Teacher Talk around the Text.’” Linguistics and Education Vol. 11, No. 3 (September 2000): 251–86. https://doi.org/10.1016/S0898-5898(00)00034-6.
Tahir, Imran, dan M. Irwan Tahir. “Perkembangan Pemahaman Radikalisme di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Administrasi Pemerintahan Daerah Vol. XII, No. 2 (2020): 74–83.
Tastin, Kasinyo Harto. “Pengembangan Pembelajaran PAI Berwawasan ISLAM Wasatiyah : Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Peserta Didik.” At-Ta’lim (Media Informasi Pendidikan Islam) Vol. 18, No. 1 (2019): 89–110.
Yunus, A Faiz. “Radikalisme, Liberalisme dan Terorisme: Pengaruhnya Terhadap Agama Islam.” Jurnal Studi Al-Qur an Vol. 13, No. 1 (2017): 76–94. https://doi.org/10.21009/jsq.013.1.06.
Zaduqisti, Esti, dan Amat Zuhri. Rekonsiliasi & Toleransi. Pekalongan: IAIN Pekalongan Press, 2019.
Zahro, Aminatuz. “Mengungkap Muatan Radikalisme dalam Materi PAI di SMA/SMK (Studi Analisis Semantik Ferdinand De Saussure)”, Skripsi: IAIN Ponorogo, 2019.
Article Metrics
![](/public_upgrade/grafik2.png)
![](/public_upgrade/pdf2.png)
Refbacks
- There are currently no refbacks.