MEDIA ELEKTRONIK DAN DAKWAH ISLAM

Juniawati Selamat

Abstract


Media juga disebut sebagai “Media is the extensions of man”, yakni media adalah perluasan dari ide, gagasan dan pikiran terhadap kenyataan sosial. Konsep yang dikemukakan Marshall McLuhan bahwa media adalah pesan itu sendiri (the medium is the message), dipahami bahwa media lebih dari sekedar wahana. dari aspek program, kelebihannya adalah sifatnya yang personal. Artinya pendengar dapat merasakan suasana akrab, sehingga mudah tersalurnya komunikasi. Oleh karena itu secara tidak langsung media berfungsi ganda, selain sumber informasi yang menyajikan apa yang terjadi, media khususnya cetak bisa mendidik masyarakat yang tidak terdidik. konsep yang dihadirkan dari media memenuhi selera pasar yakni masyarakat. Terutama dari segi kebutuhan informasi lokal dan daerah. Karena secara makro wacana dalam media massa menjadi alat konstruksi realitas sosial mengingat bahwa realitas sosial tidak berdiri sendiri tanpa kehadiran individu, baik di dalam maupun di luar realitas tersebut.

Full Text:

PDF

References


Agus Sudibyo, 2004. Ekonomi Media Penyiaran Agus Sudibyo. Jogjakarta: LkiS

Jahi, Amri, 1993. Komunikasi Massa dan Perdesaan Di Negara-negara Ketiga. Gamedia Utama : Jakarta

Asep Syamsul M. Romli. 2004. Broadcast journalism: panduan menjadi penyiar, reporter, dan scriptwriter, penerbit nuansa Cendikia. Bandung.

Atep Abdurofiq. 2006. Peran media massa di Indonesia sebagai Institusi Penyeimbang. Dlm Jurnal Dakwah Vol VIII No.2. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah

Ball Rokeach dan DeFluer (1988) (Terj). Teori Komunikasi Massa. Kuala Lumpur Malaysia: Dewan Bahasa dan Pustaka Kementerian Pendidikan Malaysia

Farid Hamid dan Heri Budianto (editor).2011. Ilmu Komunikasi sekarang dan Tantangan Masa Depan.Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Fatmawati ade Sofyan. 2006. Dakwah di Televisi: Analisis Terhadap mimbar Da’i dan Da’iah TPI dalam perspektif Dakwah. Dlm.Jurnal Dakwah Vol VIII No.2. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah

Fita Faturokhmah, 2009. Propaganda Media dalam Mewacanakan Komunitas Agama Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI). Dlm.Jurnal Dakwah Vol VIII No.2. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah

Hoyyima Khoir. 2010. Cara Mudah Menjadi Presenter Televisi dan Radio. Jogjakarta: DIVA Press

Juniawati. 2007. Penyiaran pembangunan: kedudukan dan pengamalannya dalam sistem penyiaran di kalimantan barat tahun 1994 hingga 2003. Tesis, UKM. Bangi

Pratikno Riyono, 1982. Komunikasi Pemabungan. Bandung.

Rahmad, Jalaluddin. 1995. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: CV. Remaja Karya

Roudhonah, 2011. Urgensi Komunikasi dan Kebudayaan dalam Keberhasilan Dakwah. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. Jurnal Dakwah. Vol XV. NO.1

Teddy Respisari Pane. 2004. Speak Out. Panduan Praktis dan Jitu Memasuki Dunia Broadcasting. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Ujana Efendy, 2001. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosda Karya

-------------------, 1981. Dinamika Kuminkasi. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v7i1.48

DOI (PDF): https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v7i1.48.g45

Article Metrics

Abstract view : 1289 times
PDF - 591 times

Article Metrics

Abstract view : 1289 times
PDF - 591 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Al-Hikmah

License URL: http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah

Creative Commons License
Al-Hikmah by http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.