Interaksi Sosial dalam Pelayanan Akademik dalam Kehidupan Pendidikan Tinggi Ditinjau dari Teori Interaksionisme Simbolik

Baharuddin Baharuddin

Abstract

Interaksi sosial secara global memberikan gambaran bahwa dalam dunia pendidikan maupun masyarakat luas diperlukan pemahaman yang baik dalam pencapaian kehidupan serta kebaikan bersama. Secara global interkasi yang terbangun dalam dunia pendidikan baik itu dosen, mahasiswa dan karyawan harus serasi sesuai tujuan dari pendidikan tersebut. Pendidikan merupakan upaya pencerdasan masyarakat serta anak bangsa, kedepannya dalam pendidikan ditanamakan aspek yang berkaitan dengan ilmu yang mempelajari makna hubungan antara manusia satu dengan yang lainnya tidak melihat pada perbedaan tetapi mengedepankan persamaan. Metode serta strategi harus tepat digunakan dalam memberikan arahan pada peserta didik. Dalam hubungan masyarakat luas banyak hal-hal yang tidak jelas diungkapkan secara kata-kata (lisan) berangkat dari hal tersebut teori interaksionisme simbolik yang ada harus dipahami sehingga tidak terjadi salah komunikasi atau interkasi terbangun berjalan kurang baik. Simbol-simbol dari kehidupan harus dijabarkan secara baik sehingga terlihat secara utuh sehingga terbangunlah hubungan yang harmonis dengan sesama manusia, terutama dalam melayanani mahsiswa yang memerlukan bantuan secara cepat dan tepat dilakukan, dalam hal ini penulis melayani mahasiswa yang mau membuat transkip nilai baik sementara maupun transkip nilai akdemik (transkip nilai akhir) setelah ujian skripsi selanjutnya dimasukkan dalam data alumni.

Full Text:

PDF

References

A.M. Sardiman. 2008. “Interaksi Motivasi Belajar Mengajar”. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Agus Salim. 2008. “Pengantar Sosiologi Mikro”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Alo Liliweri. 1997. “Komunikasi Antarpribad”i. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti

Baharuddin. 2009. “Ilmu Sosial Budaya Dasar”. Pontianak: Pustaka Abuya.

Baharuddin. 2009. ”Pendidikan Kependudukan Lingkungan Hidup”. Pontianak: STAIN Press Pontianak.

C. Dewi Wulandari. 2009. “Sosiologi Konsep dan Teori”. Bandung: Refika Aditama.

Dedy Mulyana dan Jalaluddin Rakhmad. 2001. “Komunikasi Antar Budaya”. Bandung: Remaja Rosdakarya.

K. J. Veeger. 1993. “Realitas Sosial: Refleksi Filsafat Sosial Atas Hubungan individu-masyarakat Dalam Cakrawala Sejarah Sosiologi”. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Onong Uchyana Effendy. 2001. “Ilmu Komunikasi”. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zuldafrial. 2009. “Belajar Interaksi Belajar Mengajar”. Pontianak: STAIN Press Pontianak.

Article Metrics

Abstract views: 4 PDF views: 4