Konsep Persaudaraan menurut Islam dan Budha (Sebuah Studi Komparatif)

Amalia Irfani

Abstract


Indahnya persaudaraan adalah bagian terpenting dari semua ajaran agama-agama. Islam yang universal dan Budha yang toleran adalah contoh bahwa agama sebagai perekat persatuan atas nama kebajikan/kebaikan di muka bumi. Kedua agama ini jelas berbeda, tidak akan pernah sama, sebab lahir dan berkembang dengan proses yang berbeda pula. Islam bersumber dari pemilik alam semesta terkondisikan melalui sebuah keyakinan/iman terucap dari syahadat. Sedangkan Budha juga mengklaim bahwa ajaran mereka adalah ajaran yang bersumber pada keyakinan pada satu wujud yang memiliki welas asih dan kebijaksanaan sebab adanya hubungan kausal. Keyakinan dalam buddhis, bercirikan: Membuka pandangan; meliputi keterbukaan dan keingintahuan dan Praktik; meliputi ritual (puja) dan pelaksanaan moralitas (sila) yang benar. Tulisan singkat ini akan sedikit menggambarkan tentang makna persaudaraan ajaran Islam dan ajaran Budha dalam studi komparatif; sebagai bagian memahami perbedaan dalam konsep kebhinekaan; dengan pesan semoga konflik yang terjadi dibelahan dunia atas nama agama mayoritas dan minoritas tidak lagi bertambah dan menjadi.

Full Text:

PDF

References


Bogoda, Robert. Tanpa Tahun. Hidup Sederhana Hidup Bahagia. Terjemahan oleh Ida Dhammashanti. 2003. Jakarta: Yayasan Penerbit Karaniya.

Davids, T.W Rhys. (Ed). 1972. PÄli-English Dictionary. London: The Pali Text Society.

Depag. R.I., Al-Qur’an dan Terjemahnya, Depag R.I.: Proyek Pengadaan Kitab Suci Al Qur’an, 2000.

https://islami.co/konsep-persaudaraan-umat-manusia-dalam-islam/

Shihab, M. Quraisy, 2007. Wawasan Al-Qur’an, Bandung: PT. Mizan Pustaka

Waryono Abdul Ghafur. 2016. Persaudaraan Agama-Agama, Bandung: PT. Mizan Pustaka

Wikipedia.com


Article Metrics

Abstract view : 8 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Al-Hikmah

License URL: http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah

Creative Commons License
Al-Hikmah by http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.