KOMUNIKASI STRATEGIS KONTESTAN POLITIK PEREMPUAN DI ACEH BARAT (KAJIAN TEORI POLITICAL MARKETING)

Heri Rahmatsyah Putra, Heri Maslijar, Asha Amiela

Abstract


Keterwakilan perempuan dalam dunia politik di Aceh Barat masih tergolong rendah, ini merupakan isu penting bagi perempuan dan partai politik dalam mengartikulasi kepentingannya. Hal ini tentu menghambat para calon anggota legislatif perempuan untuk memenuhi kuota 30% di parlemen. Oleh karena itu tujuan dari field research ini untuk mengetahui implementasi strategi komunikasi politik calon anggota legislatif perempuan untuk memperoleh kepercayaan dari pemilih. Hasil penelitian ini terlihat bahwa dalam pelaksanaan pemilu serentak tahun 2019 calon anggota legislatif perempuan terpilih melakukan beberapa strategi komunikasi dalam pemenangannya yaitu strategi komunikasi politik yang dilakukan secara komunikasi tatap muka langsung kepada pemilih untuk menyampaikan visi dan misi, pemanfaatan media sosial sebagai strategi pencitraan dan membentuk image politik, serta membangun komunikasi melalui kelompok pengajian dan organisasi kemasyarakatan.


Keywords


Strategi Komunikasi Politik, Caleg Perempuan dan Pemilu Legislatif

References


Anshari, Faridhian, ‘Komunikasi Politik Di Era Media Sosial Faridhian Anshari Staff Pengajar STT PLN Jakarta’, Jurnal Komunikasi, 8.1 (2013), 91–101

Fitri, Alifa Nur . Adeni, ‘Jokowi Dan Kekuatan Pencitraan Diri Serta Relasinya Dengan Umat Islam’, Alhadharah, 19.2 (2020), 1651–17

Ismiati, I, ‘Eksistensi Aktivis Perempuan Dalam Mewujudkan Perdamaian Di Aceh’, Jurnal Al-Bayan: Media Kajian Dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 22.33 (2016), 1–16

Mawardi, Mawardi, ‘Gender Dan Hak Asasi Perempuan’, Komunika, 1.2 (2019), 234–47

Nugroho, Anis Fuad dan Kandung Sapto, Panduan Praktis Penelitian Kualitatif (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014)

Nursal, Adman, Politik Marketing, Strategi Memenangkan Pemilu Sebuah Pendekatan Baru Kampanye DPR, DPD, Presiden (Jakarta: Gramedia, 2004)

Pilkada, Calon Dalam, and Waluyo Handoko, ‘Isu Perempuan’, 4.2 (2009)

Putra, Heri Rahmatsyah, ‘Strategi Komunikasi Politik Partai Aceh Dalam Menarik Simpati Masyarakat’, 2, 2021, 180–92

Rani, Samsul, ‘Dinamika Komunikasi Politik Dalam Pilkada Di Indonesia’, Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17.33 (2019), 112

———, ‘Dinamika Komunikasi Politik Pada Pemilihan Presiden Di Indonesia Pendahuluan’, Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 18.2 (2019), 72–85




DOI: https://doi.org/10.24260/jhjd.v16i2.2566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Al-Hikmah: Jurnal Dakwah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Al-Hikmah by http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.