CREATIVE PLANNING DAN STRATEGI PENGEMBANGAN PESAN KOMUNIKASI PEMASARAN
Abstract
[Artikel ini difokuskan pada perencanaan kreatif dan strategi pengembangan pesan komunikasi pemasaran. Hasil kajian ini menemukan bahwa perencanaan kreatif disusun sebagai acuan dalam pelaksanaan kampanye komunikasi pemasaran. Dalam sebuah penyelenggaraan kampanye, perencanaan kreatif menjadi penting untuk menghasilkan kreativitas pemasaran yang berbeda, unik dan menarik dibandingkan pesaing. Sedangkan strategi pengembangan pesan dapat diartikan sebagai proses menemukan cara untuk mempengaruhi publik atau sasaran tertentu dengan cara membujuk atau persuasif dan memotivasi publik untuk berpartisipasi, sehingga pesan diharapkan dapat menciptakan efek tertentu seperti yang direncanakan sesuai dengan tema spesifik. Pengembangan pesan berawal dari suatu gagasan (big idea) untuk menyatakan maksud tertentu sesuai dengan kebutuhan dan manfaat yang kemudian di konstruksi menjadi bentuk pesan-pesan yang kemudian disampaikan kepada khalayak sasaran. Tujuan pengembangan pesan hanya dapat dicapai apabila khalayak memahami pesan-pesan tersebut].
Kata Kunci: Creative planning, Strategi Pesan, dan Komunikasi Pemasaran.
Full Text:
PDFReferences
Durianto, Darmadi, dkk, Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif. Gramedia. Jakarta. 2003.
Harold W. Berkman, Christopher C. Gilson. Consumer Behavior: Concepts and Strategies. Kent Publishing Company. 1986.
Madjadikara, Agus S. Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan. PT. Gramedia Pustaka. Jakarta. 2004.
Muhammad Suryanto, Aplikasi Desain Grafis Untuk Periklanan. Andi. Yogyakarta. 2004.
Laurie J. Wilson, Joseph D. Ogden.Strategic Communications Planning: For Effective Public Relations and Marketing. Front Cover. Kendall/Hunt Pub. 2008.
La Angka. Arfan. http://www.arfanlaangka.org November 28, 2014
Larry A. Samovar,&Richard E. Porter.Intercultural Communication: A Reader: A Reader. Limited preview.1994.
Richard West dan Lynn H. Turner. Introducing Communication Theory, 4th ed. McGraw Hill. New York. 2010.
Roman, Kenneth, Jane, Maas. & Martin, Nisenholtz. How to Advertise: Membangun Merek dan Bisnis Dalam Dunia Pemasaran Baru. Alex Media Komputindo. Jakarta. 2003.
Surtherland, Max. & Alice, K. Silvester. Advertising and Mind of the Consumer, Penerbit PPM. Jakarta. 2005.
Suyanto, M. Aplikasi Desain Grafis Untuk Periklanan. Penerbit Andi. Yogyakarta. 2005.Siahaan, S.M. Komunikasi Pemahaman dan Penerapan. PT. BPK Gunung Mulia. Jakarta. 1991.
Widjaja, A.W.Pengantar Studi Ilmu Komunikasi. Rineka Cipta. Jakarta. 1999.
DAFTAR SUMBER INTERNET
https://swa.co.id/
DOI: https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v13i1.1297
Article Metrics
Abstract view : 2348 timesPDF - 8686 times
Article Metrics
Abstract view : 2348 timesPDF - 8686 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Al-Hikmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Al-Hikmah by http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/alhikmah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.