MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN PRINSIP-PRINSIPNYA DALAM PENDIDIKAN

ma'ruf zahran(1Mail),
(1) IAIN Pontianak, Indonesia

Mail Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24260/jrtie.v2i2.1405

Full Text:    Language : en
Submitted : 2019-07-12
Published : 2019-11-04

Abstract


Proses pembelajaran senantiasa melibatkan interaksi satu sama lain. Adapun Quantum Learning merupakan model pembelajaran yang didasarkan pada pengalaman empirik bahwa segala hal membentuk peristiwa pembelajaran tersebut—meliputi pengajar, kondisi psikis “pebelajar”, lingkungan, suasana proses pembelajaran—menjadi penentu dari keberhasilan proses pembelajaran. Apabila merujuk pada hasil aktivitas pembelajaran, maka prestasi “pebelajar” seringkali menjadi ukuran keberhasilan. Quantum Learning merupakan model pembelajaran revolusioner, yang prinsip utamanya menekankan bahwa minat belajar merupakan dasar dari proses pembelajaran itu sendiri. Hal tersebut berarti juga bahwa meminimalisasi tingkat stress “pebelajar” adalah penting. Quantum Learning yang terdapat dalam setiap pembelajaran yang dapat diterapkan, sebagaimana 1)menciptakan suasana yang menggairahkan, 2)perencanaan yang dinamis, 3)pemberdayaan landasan belajar yang kukuh, 4)penataan lingkungan belajar, dan 5)pemberdayaan keterampilan belajar.

Article Metrics

 Abstract Views : 191 times
 PDF Downloaded : 4468 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.