MERETAS PENDIDIKAN TERINTEGRATIF PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM NEGERI: Transformasi Ideologi Pancasila dan Deradikalisasi
(1) Institut Agama Islam Negeri Pontianak, Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24260/jrtie.v3i1.1696
Full Text: Language : id
Submitted : 2020-04-23
Published : 2020-04-30
Abstract
References
Buku:
Darmodiharjo, Darji et.al. 1991. Santiaji Pancasila, Surabaya: Usaha Nasional.
Departemen Agama Republik Indonesia. 1983. Pedoman Pelaksanaan P-4 Bagi Umat
Islam, Jakarta: Proyek Bimbingan Pelaksanaan P-4 Bagi Umat Beragama.
Freire, Paulo. 2001. Pendidikan yang Membebaskan, Terj.:Martin Eran, Jakarta: Media
Lintas Batas.
------------------. 2011.Pendidikan Kaum Tertindas. Terj.: Tim Redaksi, Jakarta: LP3S.
Hamka. 1951. Keadilan Sosial Dalam Islam, Jakarta: Penerbit Widjaya.
----------. 1951. Urat Tunggang Pantjasila, Jakarta: Pustaka Keluarga.
Haryatmoko. 2004. Etika Politik dan Kekuasaan, Jakarta: Gramedia.
Ismail, H., dan Naipospos, BT., Dari Radikalisme Menuju Terorisme: Studi Relasi dan
Transformasi Organisasi Islam Radikal Di Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Jakarta: Pustaka Masyarakat Setara.
Kadir, Abd., dan Asrohah, Hanun. 2015, Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT.
RajaGrafindo Persada.
Kaelan. 2016. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta:
Paradigma.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Jakarta: Kencana.
Tim Penyusun, Kemenristekdikti. 2016. Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi.
Jakarta: Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan.
Van Peursen, Cornelis A., Fakta, Nilai, Peristiwa: Tentang Hubungan Antara Ilmu
Pengetahuan dan Etika. Jakarta: Gramedia.
Sumber Ilmiah Lain:
Febryan A., 2019. Radikalisme di Medsos, BNPT Petakan 4 Konten Keagamaan. Artikel:
diupload pada tanggal 11 Desember 2019 dan diakses melalui daring https://m.republika.com/amp/q2b4os428 pada 20 April 2020.
Ghifari, Imam., 2017. Radikalisme di Internet. Jurnal: Jurnal Agama dan Lintas Budaya
Vol. I No. 1, Maret 2017, hal. 123-134. Bandung: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.
Hendropriyono, Abdullah M., 2009. Terorisme dalam Filsafat Analitika: Relevansinya
dengan Ketahanan Nasional. Disertasi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Muthmainnah, Laily., Muhaimin, Hendro, dan Widodo, S.Sri., 2016. Integrasi ESD
dalam Pembelajaran dan Penguatan Metodologi Keilmuan Pancasila bagi Guru di Kawasan Bantul Selatan. Jurnal: Indonesian Journal of Community Engagement Vol. 02, No. 01, September 2016, hal. 32-52. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Sudjito, Muhaimin, Hendro., dan Widodo, S. Sri. 2018. Pancasila and Radicalism: Pancasila
Enculturation Strategies as Radical Movements Prevention, Jurnal: Dinamika Hukum, Vol. 18 No. 1, Januari 2018, hal. 69-77. Purwokerto: Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman.
Suwito, Anton. 2017. Sishankamrata Sebagai Upaya Peningkatan Ketahanan Nasional,
Seminar Nasional Keindonesiaan II: Strategi Kebudayaan dan Tantangan Ketahanan Nasional Kontemporer, hal. 138-151. Semarang: FPIPSKR Universitas PGRI.
Pratikno. 2009. Rekonsilidasi Reformasi Indonesia: Kontribusi Studi Politik dan Pemerintahan
Dalam Menopang Demokrasi dan Pemerintahan Efektif, Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada 21 Desember 2009, Yogyakarta: Uninersitas Gadjah Mada.
Article Metrics
Abstract Views : 647 timesPDF Downloaded : 559 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.