TEXTBOOKS OF ISLAMIC EDUCATION IN INDONESIA’S TRADITIONAL PESANTREN: THE USE OF AL-ZARNUJI’S TA’LIM AL-MUTA’ALLIM TARIQ AT-TA’ALUM AND HASYIM ASY’ARI’S ADAB AL-‘ÂLIM WA AL-MUTA’ALIM

Laily Hafidzah

Abstract

Dalam paper ini, penulis melakukan studi komparatif atas kitab Ta’lim al-Muta’allim Tariq at-Ta’alum karya al-Zarnuji dan kitab Adab al-‘âlim wa al-Muta’alim karya Hasyim Asy’ari. Kajian ini mencoba membandingkan dengan mengeksplorasi secara mendalam dari aspek sejarah, sistematika penulisan, isi, dan posisi kedua kitab tersebut di kalangan pesantren. Sebagai sebuah kajian teks klasik dan pertimbangan otentisitas karya, yang digunakan oleh penulis adalah naskah klasik yang tersimpan di Perpustakaan Universitas Leiden, Belanda. Dari hasil kajian komparatif ini dapat ditemukan beberapa kesamaan dan perbedaan. Namun juga bisa disimpulkan bahwa keduanya menjadi saling melengkapi terutama karya Hasyim Asy’ari yang memang ditulis jauh setelah karya al-Zarnuji. Di kalangan pesantren, kitab Ta’lim al-Muta’allim merupakan kitab yang sangat penting dan sangat popular. Sehingga hampir di setiap pesantren terutama di pesantren salaf, kitab ini pasti diajarkan. Namun demikian, kita Adab al-‘âlim wa al-Muta’alim juga memperoleh posisi sejajar dengan kitab Ta’lim al-Muta’allim sebagai karya ulama yang mempunyai perhatian terhadap pendidikan Islam. Bagi kalangan pesantren yang berafiliasi dengan Nahdlatul Ulama, membaca dan mengkaji kitab Adab al-‘âlim wa al-Muta’alim di samping merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap Hasyim Asy’ari sebagai pendiri NU, juga sebagai bentuk kebanggaan menggunakan karya lokal ulama Indonesia di mana saat ini masih sedikit pesantren yang menggunakan naskah karya ulama lokal sebagai bahan rujukan dan kajian.

Keywords

al-Zarnuji; Hasyim Asy’ari; naskah klasik; naskah lokal; pendidikan pesantren

Full Text:

PDF

References

Ahmat, Sharom, and Siddique Sharon (ed), 1987, Muslim Society, Higher Education and Development in Southeast Asia: Institute of Southeast Asian Studies: Singapore.

Ali, Mukti, Prof. Dr., 1991, Ta’limu al-Muta’allim versi Imam Zarkasyi, Gontor: Trimurti publishing.

Al-Attas, Syed Muhammad al-Naquib (ed), 1979, Aims and Objectives of Islamic Education, Jeddah: King Abdulaziz University.

Asy’ari, Hasyim, n.d, Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim, Jombang: Maktabat al-Turats al-Islami.

Al- Zarnuji, Burhan al-Din, 1408/1984, Ta’lim Muta’allim Tariq al-Ta’allum, ed. By Salah al-Khaymi and Nadhir hamdan, Beirut: Dar Ibn al-Kathir.

Al-Zarnuji, Burhan an-Din, 1947, Ta’lim Muta’allim- Tariq at-Ta’allum, (Instruction of the Student: the Method of Learning), trans by. Von Grunebaum, G. E, and Abel, M. Theodora, New York: Kings’s Crown Press.

Brockelmann, Carl, 1943-1949, Geschichte der arabischen literature, Supplement I, Leiden: E.J. Brill.

Hasan, Muhammad Tholhah, 1989, Metode pengajian kitab di pesantren: Tinjauan ulang, Pesantren1/VI: 29-35.

Khuluq, Lathiful, 2008, Fajar Kebangunan Ulama: Biografi K.H. Hasyim Asy’ari, Jogjakarta: LKIS.

Plessner, M, 1915-1934, The Encyclopedia of Islam, Vol. IV, Leiden: E. J. Brill.

Rosenthal, Franz, 1970, Knowledge Triumphant the Concept of Knowledge in Medieval Islam, Leiden: E.J. Brill.

Tibawi, A.L, 1972, Islamic Education: Its Traditions and Modernization into the Arab National Systems, London: Luzac.

Van Bruinessen, Martin, 1995, Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat: Tradisi-tradisi Islam di Indonesia, Jakarta: Mizan Publishing.

Ya’qub, Ali Mustafa, 1986, Etika Pelajar Menurut al-Zarnuji, Pesantren 3/III.

Article Metrics

Abstract views: 628 PDF views: 580